Do More

Profil Singkat SMA Muh 1 Yogyakarta

Untuk menghadapi era revolusi industri 4.0, diperlukan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif, inovatif, serta kompetitif. Hal tersebut salah satunya dapat dicapai dengan cara mengoptimalisasi penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan yang diharapkan mampu menghasilkan output yang dapat mengikuti atau mengubah zaman menjadi lebih baik. Dunia pendidikan pun perlu meningkatkan kualitas lulusan sesuai dunia kerja dan tuntutan teknologi digital.

Sudah saatnya kita meninggalkan proses pembelajaran yang cenderung mengutamakan hafalan atau sekadar menemukan satu jawaban benar dari soal. Metode pembelajaran pendidikan harus mulai beralih menjadi proses-proses pemikiran yang visioner, termasuk mengasah kemampuan cara berpikir kreatif dan inovatif. Hal ini diperlukan untuk menghadapi berbagai perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan.

Ada beberapa kompetensi yang dibutuhkan mempersiapkan era industri 4.0 diantaranya adalah kemampuan memecahkan masalah (problem solving), beradaptasi (adaptability), kolaborasi (collaboration), kepemimpinan (leadership), dan kreatifitas serta inovasi (creativity and innovation).

SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta telah siap menjawab tantangan zaman dengan membekali peserta didik dengan kemampuan yang dibutuhkan menghadapi era industri 4.0 dengan tetap berpegang teguh pada nilai-nilai dasar yaitu Al-Qur’an dan As-Sunnah yang menjadi pondasi dalam menjawab beragam jenis tantangan zaman. SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta berkomitmen membentuk generasi berakhlaqul karimah, cerdas dan tanggap menghadapi perubahan zaman.

Dengan terus menerus meningkatkan profesionalitas pendidik agar mampu memberi panutan, memberi semangat dan mampu mendorong kearah kebaikan. Para pendidik dituntut mampu tidak sebatas membuat peserta didik menjadi pintar namun juga memberi motivasi, membangun karakter sehingga menjadi insan atau pribadi yang berintegritas. Selain memberikan motivasi, Pendidik juga menjadi filter dari beragam literasi media yang ditemukan peserta didik agar tidak mengarah pada hasil yang kontra produktif. Dari sini diharapkan akan bermunculan generasi 'kekinian' yang mampu menjawab setiap tantangan yang muncul di eranya dengan berkarakter dan berintegritas. Inilah yang menjadi Visi dan misi bersama keluarga besar SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.

Visi

“Menghasilkan tamatan berwawasan masa depan yang berakhlaqul karimah, unggul dalam IMTAQ dan IPTEK”.

Misi

1. Memberdayakan seluruh sumber daya sekolah untuk membentuk kepribadian muslim yang sesuai dengan qoidah Muhammadiyah

2. Membekali peserta didik ilmu pengetahuan dan teknologi yang berorientasi pada kecakapan hidup.

3. Mengembangkan kemampuan logika, matematika dan bahasa (logika dan verbal) sebagai dasar pengembangan intelegensi peserta didik.

4. Membentuk peserta didik mampu mewujudkan masyarakat Islam yang sebenar-benarnya.

5. Mengembangkan SDM profesional dan kompetitif yang berbasis teknologi informasi, dan berwawasan lingkungan hidup.

6. Membangun jaringan kerja yang harmonis dengan orang tua, masyarakat dan pemerintah.

Tujuan

1. Terbentuknya tamatan yang berkepribadian islami.

2. Terwujudnya tamatan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kejujuran, objektivitas dan tanggung jawab.

3. Meningkatnya mutu lulusan sesuai dengan standar kompetensi lulusan.

4. Terbentuknya peserta didik yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional.

5. Terwujudnya kader Persyarikatan yang tangguh.

6. Terwujudnya tamatan yang mampu berperan aktif dalam masyarakat global.

7. Terwujudnya jaringan kerja yang harmonis dengan orang tua, masyarakat dan pemerintah.

Copyright © 2020 SMAMUHI